Ads Top

Pengantar Editor Hasil Kongres IPNU ke XVIII Tahun 2015


Terus menggelindingnya laju peradaban merupakan bukti nyata bahwa kehidupan selalu berjalan dengan dinamis. Inilah sunnatullah yang tidak bisa dihindari semua makhluk di bumi. Perkembangan dan perubahan yang kian melesat dari masa ke masa membuat manusia selalu memutar otaknya agar tetap survive di tengah gempuran zaman, tak terkecuali eksistensi sebuah organisasi.
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) merupakan organisasi keterpelajaran terbesar di Indonesia. Bukti paling nyata akan kebesaran organisasi ini adalah dengan mengakarnya tingkat kepengurusan mulai dari tingkatan desa, sekolah dan pesantren, sampai menjulang ketingkatan nasional (baca: PR, PK, PAC, PC, PW dan PP). Aset kader yang sangat luar biasa ini, tentu harus diimbangi dengan regulasi yang memuat komponen-komponen krusial.
Salah satu usaha untuk me-manage aset dan potensi kader agar berjuang dan berkontribusi sesuai dengan rel dan prinsip-prinsip organisasi adalah, dengan diterbitkannya buku Hasil-Hasil Kongres XVIII Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama yang berisi Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga, Prinsip Perjuangan, Garis Besar Program Pengembangan serta Rekomendasi Kongres.
Buku yang memuat beragam regulasi ini tentu diharapkan untuk mempermudah kader-kader di seluruh Indonesia guna menjalankan roda organisasi sesuai dengan rel dan pakem ideologisorganisatoris yang lahir dari konsesus dan cita-cita bersama dalam forum permusawaratan tertinggi IPNU, yakni Kongres XVIII di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah pada tanggal 04 – 08 Desember 2015.
Wa akhiran, harapan paling penting dengan diterbitkannya buku ini, semoga bisa terdistribusikan sekaligus terimplementasikan secara menyeluruh kepada kader-kader IPNU di Nusantara. Asa ini, untuk bisa terealisasi tentu membutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari semua jenjang kepengurusan IPNU, untuk melakukan sosialisasi di masing-masing daerahnya. Kiranya, buku ini mampu menjadi media amal jariyah kita untuk melakukan jihad dengan segmentasinya Pelajar Nusantara.
Jakarta, 10 November 2016
Tim Editor

No comments:

Powered by Blogger.