Ads Top

Pengertian Pondok Pesantren



Pondok pesantren yaitu dua kata yang saling berkaitan dan mempunyai tujuan sama sebagai tempat tinggal sementara untuk belajar agama islam. Pondok berasal dari kata funduq (bahasa Arab) yang berarti ruang tidur, wisma, hotel. Pesantren berasal dari kata santri dengan awalan (pe) dan akhiran (an) yang berarti tempat tinggal santri.
Menurut istilah pondok pesantren adalah lembaga pendidikan tradisional islam, tempat para santri belajar agama islam dan menerapkan moralitas islam sebagai pedoman.
Pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren pada umumnya diberikan secara bandongan dan sorogan. Yang disebut bandongan atau sistem weton yaitu kiai membacakan , menerjemahkan, menerangkan dan mengulas kitab-kitab klasik sedangkan santri menulis hal-hal penting petuah kiai. Cara ini disebut juga halaqoh yang berarti lingkaran murid. Selain sistem bandongan, di pondok pesantren juga diterapkan sistem pengajaran sorogan yaitu santri membaca ulang teks yang telah dipelajari baik dihadapan kiai maupun dihadapan sesama santri. Pengajian sorogan biasanya hanya diberikan kepada santri-santri yang cukup maju.

No comments:

Powered by Blogger.